TIPS MENENTUKAN BIAYA RENOVASI ATAP RUMAH YANG TERJANGKAU

Biaya renovasi atap rumah memang menjadi salah satu point yang paling utama untuk dicari. Apalagi anda memang memiliki rencana untuk memperbaiki atap rumah, karena kerusakan, bocor, kerangka yang sudah keropos dan lain – lain. Mengetahui biaya renovasi atap rumah tentu menjadi hal utama yang perlu anda tahu sebelum melakukan pemesanan. Apalagi seperti yang anda tahu biaya untuk melakukan renovasi atap rumah di setiap tempat berbeda – beda. Ada yang menawarkan biaya renovasi atap rumah dengan harga terjangkau, murah dan sedang. Perbedaan ini biasanya dipengaruhi oleh adanya kualitas bahan yang digunakan beserta pengalaman yang dimiliki oleh jasa renovasi atap rumah. Memiliki rumah yang menarik dengan desain yang elegan memang menjadi harapan banyak orang. Bahkan untuk membangun sebuah rumah idaman sudah pasti mengeluarkan banyak sekali biaya yang tidak sedikit. Jumlah uang yang dikeluarkan memang tidaklah sedikit, dan bisa mencapai hingga miliaran rupiah. Atap rumah memang sama seperti helm yang menaungi kepala kita. Model dan bahan helm ini akan dirancang kuat sehingga cukup handal untuk melindungi isi kepala dari segala benturan. Nah, seperti helm tadi, atap juga harus kuat agar mampu melindungi rumah dari perubahan cuaca.  Selain itu atap juga berfungsi sebagai neraca. Dimana atap dapat menjalankan fungsi dan melindungi ruang yang ada dibawahnya.

Cara Menghitung Biaya Renovasi Atap Rumah

Memiliki fungsi sebagai neraca, atap rumah ini mampu menahan radiasi panas yang berlebih, mengurangi dampak tampias hujan, serta mampu menghambat pergerakan angin yang biasanya membawa debu. Untuk dasar dari pertimbangan bentuk ini adalah seberapa luas yang akan dinaungi. Untuk kriteria luasan diukur dari batas ruang yang terluar. Semisal dari teras hingga batas dinding yang akan menyangga balok untuk pengaku dudukan rangka atap. Untuk beberapa kasus, bentuk atap akan diteruskan hingga keluar dari teras. Hal ini penting agar teras tidak terkena sorot matahari langsung dan tampias hujan. Sehingga pilihan bentuk biasanya mempertimbangkan konsep rumah yang akan dicitrakan di depan publik. Sedangkan untuk keputusan desain ini memang cukup mewakili selera dari konsumennya. Melakukan modifikasi bentuk, tentu bisa anda lakukan asal masih tetap memenuhi fungsi. Untuk konstruksi atap yang cermat memang cukup memudahkan pemilik rumah melakukan pemeliharaan bangunan dalam jangka panjang. Salah satu kecermatan tersebut terdapat pada rangka yang rigid dengan kemampuan berdiri tegak. Dan tidak cepat goyang meski diterpa angin maupun hujan badai. Untuk berbagai kasus rangka baja ringan ini dapat mengurangi resiko dampak benturan bebannya sendiri jika terjadi gempa. Melakukan sebuah renovasi atap rumah tentu menjadi salah satu hal yang cukup penting.  Dan biaya renovasi atap rumah ini tidaklah sedikit.

Melakukan renovasi atap sebaiknya anda lakukan secara rutin. Hal ini dilakukan agar atap rumah tidak mudah rusak. Dengan sering meremajakan rumah, tentu saja rumah masih terlihat bagus meskipun tanpa mengeluarkan biaya renovasi atap rumah yang besar. Jika anda sudah memutuskan untuk menggunakan struktur konstruksi atap baja ringan dan anda belum mempunyai banyak pengetahuan. Tentang pemasangan rangka atap baja ringan maupun kebutuhan biaya renovasi atap yang harus dikeluarkan dalam satu proyek pembangunan. Maka akan lebih baik jika anda mempercayakan kepada ahlinya, yakni pada jasa konstruksi baja ringan.  Hal yang paling krusial adalah soal biaya renovasi atap rumah. Karena dalam hal ini anda harus memiliki acuan mengenai biaya renovasi atap rumah yang akan anda keluarkan. Dengan begitu anda pun bisa menyusun biaya renovasi atap tersebut. Dengan begitu mau tidak mau anda harus tahu cara tentang menghitung biaya atap baja ringan. Berikut ini akan kami paparkan tips mudahnya untuk menghitung biaya renovasi atap rumah diantaranya;

  1. Buat sketsa gambar atap

Langkah pertama yang harus anda ambil untuk menghitung biaya renovasi atap rumah adalah membuat sketsa gambar atap. Pada artikel ini kami hanya akan membahas soal perhitungan rangka atap baja ringan pada model atap pelana. Untuk perhitungan model pada atap perisai/jurai akan kami uraikan pada artikel berikut ini. Untuk sketsa atap baja ringan ini jangan lupa untuk tuliskan ukuran rumah anda. Misal saja 6 m X 10 m atau 7 m X 11 m. Dengan menggunakan beberapa ukuran tersebut akan dijadikan dasar untuk menghitung luas atap rumah pada langkah berikutnya.

  1. Hitung luas atap rumah

Langkah yang kedua, untuk mengetahui biaya renovasi atap rumah ini. Anda harus menghitung luas atap rumah atau yang dikenal dengan LAR. Untuk mempermudah pemahaman anda kami akan mencoba mengilustrasikan untuk anda. Dalam hal ini kami akan menggunakan contoh ukuran rumah dengan panjang 6m dengan lebar 10 m. Dan perlu anda ketahui bahwa setiap atap memang memiliki oversteck di sisi kanan dan juga kiri. Baik bagian depan maupun belakang sebesar masing – masing 0,5 m. Selanjutnya anggap saja sudut kemiringan atap ini adalah 30 derajat. Sehingga untuk luas atap rumah (LAR) dapat dihitung dengan rumus berikut ini;

Rumus LAR;

=panjang X Lebar / consinus derajat kemiringan

= 6 m + oversteck kanan kiri 1 m) x (10 m + oversteck depan belakang 1 m) / cos 30 derajat

= 7 m x 11 m : cos 30° = 77 m2 : 0.866

LAR = 88, 92 m2

  1. Tentukan material penutup atap

Setelah anda menemukan luasan atap rumah, maka jangan lupa untuk menentukan material penutup atap sesuai dengan kebutuhan dan keinginan anda. Seperti yang anda tahu bukan saat ini memang banyak sekali terdapat macam – macam atap yang bisa anda pilih sesuai dengan kebutuhan anda. Macam – macam atap tersebut diantaranya;

  • Atap genteng tanah liat

untuk bahan atap yang satu ini terbuat dari tanah liat yang dicetak kemudian dibakar. Untuk ukuran genteng tanah ini berkisar antara panjang 250 – 350 mm X lebar 200 – 250 mm dengan tinggi 10 – 15 mm.

  • Atap genteng beton

Meskipun memiliki profil bentuk yang memang sedikit berbeda dengan adanya genteng tanah. Tetapi untuk sistem pemasangannya, genteng beton ini tetap sama seperti genteng tanah liat.

  • Atap genteng keramik

Memiliki model yang hampir sama dengan tanah liat, dan yang membedakan adalah proses pembuatannya. Karena memang proses pembakarannya membutuhkan suhu yang sangat tinggi.

  1. Jangan lupa hitung biaya atap baja ringan

Setelah anda sudah selesai akan 3 langkah diatas. Langkah terakhir untuk menghitung total biaya renovasi atap rumah ringan ini. Anda harus tahu betul mengenai kisaran harga baja ringan per m2 dan harga genteng metal per m2.

Semoga dengan adanya beberapa tips diatas dapat membantu anda untuk mendapatkan biaya renovasi atap rumah yang terjangkau. Namun jika saat ini anda masih belum mendapatkan layanan jasa renovasi atap dengan biaya renovasi atap rumah terjangkau anda bisa mempercayakan kepada Evolution property. Dimana kami memang terkenal sebagai layanan jasa renovasi atap rumah yang berpengalaman dan terpercaya. Selain itu kami juga menerima pemesanan pembangunan rumah, mall, hotel, apatement dll. Untuk informasi yang lebih detail mengenai biaya renovasi atap rumah kami segera hubungi marketing kami.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *